Senin, 06 Maret 2017

Pengertian Filsafat Pendidikan

Jika kita membicarakan tentang filsafat pendidikan, maka hal pokok yang akan dibahas sebenarnya tidak terlepas dari pendidikan tersebut. Jika di kehidupan modern, pendidikan tidak lepas kaaitannya dengan interaksi antar guru dengan siswa, maka di jaman dahulu pendidikan cenderung fokus pada interaksi dengan alam sekitar. Apabila pendidikan diperoleh melalui interaksinya dnegan alam, maka filsafat pendidikan belum ditemukan di sana. Namun sebalinya jika pendidikan diperoleh dengan bantuan bimbingan dari guru, maka dapat ditemukan sebuah filsafat pendidikan. Jadi, sebenarnya apa itu filsafat pendidikan? Mari simak pembahasan berikut ini:

Filsafat pendidikan rupanya berasal dari dua kata yakni filsafat dan pendidikan. Filsafat yang berasal dari bahasa Yunani, yakni philos yang berarti kecintaan dan Sophia yang berarti kebijaksanaan. Maka arti dari filsafat ialah mencintai sebuah kebijaksanaan. Dan jika diartikan dengan pendidikan, maka arti dari filsafat pendidikan adalah sebuah kajian atau studi tentang ilmu pengetahuan yang dilandasi dengan kecintaannya terhadap ilmu atau materi pengetahuan tersebut.


Maka, apabila diterapkan pada pendidikan, terlahirlah sebuah istilah filsafat pendidikan. Jadi, filsafat pendidikan akan berfokus pada bahasan tentang ilmu pengetahuan di bidang pendidikan. Disebutkan oleh Zanti Arbi tahun 1988, pengertian filsafat pendidikan adalah sebagai berikut:
  • Menginspirasi, artinya filsafat pendidikan dirasa mampu untuk memberikan inspirasi bagi para guru untuk  melaksanakan semua idenya dalam rangka mengembangkan pendidikan.
  • Menganalisis, artinya dapat memeriksa secara rinci setiap bagian dari pendidikan sampai pada validitas dari pendidikan yang harus diketahui secara jelas dan lugas.
  • Memperspektifkan atau memberikan gambaran sudut pandang, artinya adalah upaya untuk memberikan pengarahan serta penjelasan terhadap pendidik tentang makna pendidikan secara lebih luas lagi.
  • Menginvestigasi, artinya adalah emneliti serta memeriksa tingkat kebenaran dari berbagai macam teori yang terdapat di dunia pendidikan.

Filsafat pendidikan juga dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas teratur yang digunakan sebagai cara untuk mengatur, menyelaraskan, hingga memadukan sebuah proses pendidikan. Selain itu filsafat pendidikan juga digunakan untuk mengembangkan bakat dan potensi diri dari peserta didik. Dalam filsafat pendidikan, seorang guru atau pendidik akan banyak menjumpai dan mempelajari elemen yang berhubungan dengan metode, teknis, serta teori di aspek pendidikan. Filsafat pendidikan juga termasuk prinsip yang diyakini guru dan dijadikan pedoman bagi tingdakannya dalam mengajar.
Demikian pembahasan tentang pengertian filsafat pendidikan, semoga bermanfaat ya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.