Senin, 06 Maret 2017

Pengertian Psikologi Pendidikan

Hai readers! Kali ini kita akan belajar tentang psikologi pendidikan. Apa sih pentingnya belajar tentang psikologi pendidikan? Yuk simak artikel ini ya 😊

Psikologi pendidikan ialah suatu proses belajar untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik. Pada dasarnya sebuah pendidikan dapat dilaksanakan di berbagai tempat, dalam berbagai macam keadaan, dengan atau tanpa bantuan bimbingan dari orang lain. Pendidikan yang dilakukan tanpa bantuan orang lain biasanya dilakukan dengan cara memperhatikan bermacam-maca kejadian di sekitar. Sedangkan pendidikan yang membutuhkan bantuan orang lain dilakukan dengan cara bimbingan dari guru kepada siswanya.


Apabila individu belajar sendiri, maka psikologi pendidikan sebenarnya tidak begitu diprioritaskan. Namun beda halnya jika menggunakan bantuan orang lain sebagai guru. Psikologi pendidikan ialah ilmu psikologi yang difokuskan pada aspek pengelolaan pendidikan. Dalam hal ini akan dikaji tentang tat acara hubungan yang baik diantara guru, murid, serta lingkungan pendidikannya. Hal ini dimaksudkan dengan harapan agar terbentuknya lingkungan pendidikan yang baik, kondusif, serta mendukung proses pendidikan tersebut. psikologi pendidikan sendiri didefinisikan oleh beberapa ahli sebagai berikut:

  • Crow mengartikan psikologi pendidikan sebagai sebuah studi tentang kegiatan pembelajaran, menumbuhkan, serta meningkatkan kematangan individu di dalam penerapan prinsip ilmiah mengenai respon manusia terhadap kegiatan belajar  mengajar.
  • Bruno mengartikan psikologi pendidikan dalam tiga bagian yang saling berhubungan, yakni (1) psikologi pendidikan adalah sebuah ruh atau jiwa, (2) psikologi pendidikan berupa ilmu pengetahuan tentang bagian dari mental seseorang terhadap kehidupan, dan (3) psikologi adalah ilmu yang berhubungan dengan tingkah laku sebuah organisme.
  • Muhibih Syah menjelaskan bahwa psikologi pendidikan adalah fokus ilmu yang mengkaji tentang psikologi seorang anak terhadap berlangsungnya proses pendidikan.  

Sama halnya dengan studi ilmu lainnya, psikologi pendidikan juga mempunyai batasan atau ruang lingkup yang membatasi. Berikut adalah batasan ruang lingkup dari psikologi pendidikan:
  • Hereditas pendidikan serta lingkungan
  • Proses tumbuh kembang dari peserta diri
  • Sifat atau karakteritik dan potensi peserta didik
  • Mental pendidikan yang dimiliki peserta didik
  • Evaluasi dari pembelajaran
  • Hasil dari adanya proses pelaksanaan pendidikan yang membawa dampak bagi individu.


Adapun tokoh yang berperan dalam bidang psikologi pendidikan ialah William James dan John dewey. Sementara itu E.L Throndike adalah orang yang menyempurnakannya pada generasi selanjutnya.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian psikologi pendidikan Semoga bermanfaat ya 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.