Hai
readers! Kali ini kita akan belajar
tentang psikologi pendidikan. Apa sih pentingnya belajar tentang psikologi
pendidikan? Yuk simak artikel ini ya 😊
Psikologi
pendidikan ialah suatu proses belajar untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih
baik. Pada dasarnya sebuah pendidikan dapat dilaksanakan di berbagai tempat,
dalam berbagai macam keadaan, dengan atau tanpa bantuan bimbingan dari orang
lain. Pendidikan yang dilakukan tanpa bantuan orang lain biasanya dilakukan
dengan cara memperhatikan bermacam-maca kejadian di sekitar. Sedangkan
pendidikan yang membutuhkan bantuan orang lain dilakukan dengan cara bimbingan
dari guru kepada siswanya.
Apabila
individu belajar sendiri, maka psikologi pendidikan sebenarnya tidak begitu
diprioritaskan. Namun beda halnya jika menggunakan bantuan orang lain sebagai
guru. Psikologi pendidikan ialah ilmu psikologi yang difokuskan pada aspek
pengelolaan pendidikan. Dalam hal ini akan dikaji tentang tat acara hubungan
yang baik diantara guru, murid, serta lingkungan pendidikannya. Hal ini
dimaksudkan dengan harapan agar terbentuknya lingkungan pendidikan yang baik,
kondusif, serta mendukung proses pendidikan tersebut. psikologi pendidikan
sendiri didefinisikan oleh beberapa ahli sebagai berikut:
- Crow mengartikan psikologi pendidikan sebagai sebuah studi tentang kegiatan pembelajaran, menumbuhkan, serta meningkatkan kematangan individu di dalam penerapan prinsip ilmiah mengenai respon manusia terhadap kegiatan belajar mengajar.
- Bruno mengartikan psikologi pendidikan dalam tiga bagian yang saling berhubungan, yakni (1) psikologi pendidikan adalah sebuah ruh atau jiwa, (2) psikologi pendidikan berupa ilmu pengetahuan tentang bagian dari mental seseorang terhadap kehidupan, dan (3) psikologi adalah ilmu yang berhubungan dengan tingkah laku sebuah organisme.
- Muhibih Syah menjelaskan bahwa psikologi pendidikan adalah fokus ilmu yang mengkaji tentang psikologi seorang anak terhadap berlangsungnya proses pendidikan.
Sama
halnya dengan studi ilmu lainnya, psikologi pendidikan juga mempunyai batasan
atau ruang lingkup yang membatasi. Berikut adalah batasan ruang lingkup dari
psikologi pendidikan:
- Hereditas pendidikan serta lingkungan
- Proses tumbuh kembang dari peserta diri
- Sifat atau karakteritik dan potensi peserta didik
- Mental pendidikan yang dimiliki peserta didik
- Evaluasi dari pembelajaran
- Hasil dari adanya proses pelaksanaan pendidikan yang membawa dampak bagi individu.
Adapun
tokoh yang berperan dalam bidang psikologi pendidikan ialah William James dan
John dewey. Sementara itu E.L Throndike adalah orang yang menyempurnakannya
pada generasi selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.